Teknologi Otomotif

headline automotive

selamat datang di blogteknologiotomotif RIZKI NOOR MARHABAN..!!1

Rabu, 15 Februari 2012

Perbedaan karburator dgn EFI

1. prinsip pengabutan dan kompresi campuran.
      karburator
  • pengabutan bensin pada ventury
  • pengabutan tergantung pada aliran udaraa pada ventury.
  • komposisi campuran tergantung perbandingan lubang spuyer,skrup penyetel dan tinggi bensin di pelampung.
      EFI 
  • pengabutan bensin pada injektor
  • pengabutan tergantung tekanan besin dan ukuran lubang pada injektor ventury
  • komposisi campuran di kontrol ECU berdasarkan jumlah udara yang masuk dan kondisi kerja mesin yang di pantau dengan berbagai sensor.
2. sistem cuk pada karburator dan injektor saat dingin pada EFI
karburator
  • menutup lubang saluran masuk agar kevacuman pada ventury meningkat sehingga bensin yang keluar menjadi lebih banyak, campuran kaya, mesin mudah di hidupkan.
EFI
  • menambah injektor saat dingin untuk menambah penyemprotan bensin sehingga campuran lebih kaya, terdapat pula model yang pada saat dingin mengaktifkan Idle System Control (ISC). Ecu menambah jumlah injeksi berdasarkan signal stater dan temperature mesin.
3. saat percepatan
    karburator
  • saat di percepat pompa percepatan menyemprotkan bahan bakar untuk mengatasi keterlambatan aliran bahan bakar dibandingkan aliran udara agar campuran tidak kurus.
  • saat beban penuh putaran mesin pelan, katup membuka lebar, kevacuman pada intake manifold menurun, power valve terbuka, saluran saluran ke ventury lebih besar,bensin yang keluar lebih banyak, tenaga mesin bertambah. 
EFI
  • saat di percepat jumlah udara semakin banyak, jumlah udara tersebut di deteksi oleh air flow meter atau MAP sensor, setelah mendapat masukan tersebut ECU menambah jumlah injeksi bahan bakar.
  • saat beban penuh jumlah injeksi ditambah oleh ECU berdasarkan masukan dari sensor posisi throttle (TPS) dan sensor putaran mesin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar