Sebab-sebab tingginya emisi dan cara mengatasi
CO terlalu tinggi
Ditandai dengan :
•Asap hitam, tebal
•Konsumsi bahan bakar tinggi
Sebab-sebab :
•Filter udara kotor
•Choke tertutup
•Karburator rusak
•Penyetelan karburator salah
Perbaikan :
•Lakukan penyetelan karburator
•bersihkan filter udara.
HC terlalu tinggi
Ditandai dengan :
•Tenaga kurang
•Rpm idle tidak teratur
•Konsumsi bahan bakar tinggi
Sebab-sebab :
•Pengapian terganggu
•Busi dan kabel busi bermasalah
•Contact point (platina) tidak rata
•Timing ignition tidak tepat
Perbaikan :
•Lakukan penyetelan timing
•Ganti busi dan kontact point (platina)
CO2 terlalu rendah
Ditandai dengan :
•Tenaga kurang
•Konsumsi bahan bakar tinggi
Sebab-sebab :
•Campuran terlalu kaya (gemuk)
•Nozzle karburator aus
Perbaikan :
•Lakukan penyetelan karburator
O2 terlalu tinggi
Ditandai dengan :
•Tenaga kurang
•Rpm idle tidak teratur
•Konsumsi bahan bakar tinggi
Sebab-sebab :
•Pengapian terganggu
•Busi dan kabel busi bermasalah
•Contact point (platina) tidak rata
•Timing ignition tidak tepat
Perbaikan :
•Lakukan penyetelan timing
•Ganti busi dan kontact point (platina)
Opasitas terlalu tinggi
Ditandai dengan :
•Tenaga kurang
•Asap hitam tebal
•Konsumsi bahan bakar tinggi
Sebab-sebab :
•Filter udara kotor
•Timing tidak tepat
•Tekanan nozzle terlalu rendah atau aus
•Filter bahan bakar kotor (tersumbat)
Perbaikan :
•Lakukan penyetelan timing injeksi, tekanan nozzle
•bersihkan / ganti filter udara
•Ganti / bersihkan filter solar
Nilai Emisi Ideal
CO (carbon monoxide)
Karburator=2%
EFI=1%
Katalisator=0%
HC (hydrocarbon)
Karburator=400ppm
EFI=200ppm
Katalisator=50ppm
CO2 (carbon dioxide)
Karburator=EFI=Katalisator=minimal
12%
O2 (oxygen)
Karburator=EFI=
0,5s/d 2%
Katalisator=0%
Lambda
Karburator=0.950s/d1.025;
EFI=0.970s/d1.03;
Katalisator=1.000
Opacity
(ketebalan asap)
20%
- 40%
Tidak ada komentar:
Posting Komentar